Sabtu, Maret 28, 2009

STARDICT

Stardict adalah sebuah aplikasi dictionary atau kamus yang handal dan menyediakan banyak kamus beberapa bahasa di dunia. Penggunaan aplikasi ini ada dua, pertama mencari secara manual dengan cara memasukkan kata yang akan dicari ke dalam field lalu menekan tombol search. Cara ini sangat tepat jika kita ingin mencari kata-kata yang sedang terbayang-bayang dalam angan.
Kamus Stardict adalah sebuah kamus multi bahasa terbaik yang saya jumpai. Layaknya sebuah software kamus, disana ada tiga buah panel utama yaitu Search input combo, word list, dan definiton area. Search input adalah tempat kita memasukkan kata yang akan dicari, word list adalah lokasi dimana kata-kata terkait yang kita cari ditampilkan, sedangkan definiton area adalah tempat menampilkan terjemahan kata.
Kamus stardict merupakan kamus yang pertama kali dirancang di lingkungan Linux, namun kamus ini sudah tersedia di lingkungan Windows. Bahkan untuk lingkungan windows lebih dimajakan lagi karena sudah tersedia versi portable. Versi portable adalah versi yang tidak memerlukan proses instalasi. Bisa menjadi kamus satu bahasa ke bahasa lain, atau kamus untuk istilah tertentu, atau menjadi kamus apa saja.
Masih berkait dengan stardict, ada satu lagi program yang sama, dengan nama sdcv. sdcv adalah versi command line untuk stardict. Tidak diperlukan mode grafis seperti halnya stardict untuk menggunakan sdcv. Dengan beberapa baris script, misalnya dengan perl atau php, bisa dibuat front-end berbasis web untuk sdcv ini. Tentu akan sangat berguna jika dipakai di intranet atau internet.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar